Barongsai dan liong

barong.jpg
2020-01-24 11:15:32

Jika kita berbicara tentang imlek, maka banyak sekali hal menarik di dalamnya. Bukan hanya sebagai hari libur nasional, melainkan juga sebagai hari yang spesial bagi etnis Tionghoa dan seluruh masyarakat yang merayakannya. Imlek sendiri seperti yang kita tahu adalah hari raya bagi etnis tionghoa. Selayaknya hari-hari besar lainnya, pasti ada hal-hal unik dan juga menarik yang dilakukan pas hari tersebut tiba. Mulai dari kegiatan yang berbau kebudayaan, ajang silaturahmi, sampai kuliner khas yang memang hanya ada pas waktu hari raya tersebut. Salah satu hal yang sangat identik pada saat imlek yakni seni tari liong dan barongsai.

Apa itu barongsai dan liong? Mungkin sudah tidak asing lagi istilah liong dan barongsai di telinga masyarakat Indonesia, karena dua hal itu akan selalu kita jumpai ketika hari raya imlek tiba. Barongsai adalah tarian singa dan liang liong adalah tarian naga, keduanya merupakan kesenian khas masyarakat Tionghoa yang lahir ratusan tahun lalu. Kedua tarian ini sering dipertontonkan dalam pesta rakyat Tionghoa, terutama dalam upacara ritual seperti perayaan Tahun Baru Imlek.

Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, singa dalam barongsai digambarkan sebagai raja daratan, yang menjadi penguasa seluruh daratan. Barongsai dimainkan oleh dua orang, gerakan dalam barongsai terjadi secara alami dari imajinasi pemainnya itu sendiri, serta ditambah dengan tabuhan musik alat pukul yang menghasilkan irama nan sesuai dengan gerakan barongsai. Oleh karena itu, gerakan-gerakan yang dihasilkan terkesan cenderung spontan dan tak beraturan. Padahal dibutuhkan latihan khusus untuk menyamakan gerakan barongsai dengan irama yang dihasilkan alat musik tersebut.

Source: pxhere.com

Kemudian ada liong. Liong atau liang liong Berbeda dengan barongsai, liang liong memiliki panjang 9-10 meter yang dimainkan oleh sembilan orang. Tarian naga ini menggunakan tongkat yang terpasang di bawah perut naga. Dalam pertunjukan tarian naga harus ada kekompakan antar pemain, agar bisa memperlihatkan keindahan liukan dari naga tersebut.

Source: Wikipedia.org

Jadi, itulah dua dari sekian banyak hal yang dapat kita temui pada saat imlek berlangsung, dan Masih banyak lagi hal-hal serta kegiatan-kegiatan yang identik dengan imlek dan hanya ada pada saat perayaan hari raya Imlek itu saja.


Now on air
photo

Afternoon Prime Time Show, menemani mitra kencana menyelesaikan aktifitas pekerjaan, kembali ke rumah atau dalam perjalanan “nongkrong” dll. Ditemenin oleh penyiar yang fun.

Info
Partners
Now on

RADIO KENCANA 91.9

Radio Kencana Radio Musik Terpilih
jika tidak bisa memutar radio gunakan popup

Featured image