GIVE YOUR HUG FOR YOUR CHILD

hug.jpg
2019-07-22 14:24:47

Tanggal 23 Juli 2019, adalah Hari anak Nasional, K-team pengen ngomongin tentang pelukan untuk anak.

Dari Wikipedia, Peluk atau pelukan adalah sebuah bentuk keintiman fisik yang biasanya dilakukan dengan menyentuh atau memegang erat seputar bagian badan seseorang, beberapa orang sekaligus, ataupun hewan peliharaan. Pelukan merupakan tanda dari perasaan cinta atau kasih sayang maupun penghargaan. Pelukan bisa di lakukan oleh setiap orang tanpa memandang umur, jenis kelamin, maupun antar pria dan wanita.

Sebagian Orang tua kadang tidak melakukannya biasanya karena tidak mengerti efek pelukan pada kehidupan seorang anak, baik secara mental maupun psikis. 

Nah, Ida Pramaesti, S.Psi. dari  Anderpati Learning Community, ikut menyampaikan beberapa pengaruh  pada seseorang baik secara fisik maupun psikis : 

  1. Membakar Kalori 

Dikutip dari thehealthsite.com, pelukan bisa membakar 12 kalori. Dengan kata lain, setiap kali kamu berpelukan, ada kalori yang akan terbakar. 

  1. Memperlancar Sirkulasi Darah 

Otot-otot tubuh terasa kaku? Coba atasi dengan pelukan. Berpelukan bisa membantu memperlancar sirkulasi darah. Otot-otot yang tadinya kaku akan lebih rileks. Sehingga perasaan stres atau tertekan bisa reda. 

  1. Memperkuat Kekebalan Tubuh 

Saat kita berpelukan, tulang dada (sternum) akan mendapat tekanan yang kemudian bisa menstimulasi kelenjar timus untuk memproduksi sel-sel darah putih di tubuh. Kekebalan tubuh bisa meningkat, jadinya nggak akan gampang jatuh sakit. 

  1. Meningkatkan Daya Ingat 

Hormon oksitosin akan menyebar ke pembuluh darah saat kita memeluk erat orang yang kita cintai. Ini kemudian bisa bantu meningkatkan daya ingat dan menurunkan stres. Pikiran pun jadi lebih rileks. 

  1. Menurunkan Tekanan Darah 

Produksi hormon oksitosin juga akan meningkat saat berpelukan. Meningkatkan oksitosin ini bisa menurunkan kortisol yang kemudian dapat membantu menurunkan tekanan darah. Emosi jadi lebih stabil dan nggak gampang marah-marah lagi. 

Jadi, pelukan itu penting banget mitra kencana, terutama terhadap anak yang sedang menapaki hidupnya, supaya punya kekuatan yang bisa membuatnya kokoh berdiri dalam prosesnya. 

Efek pelukan yang tidak bisa diabaikan adalah memberi penguatan untuk menghindari pengaruh negative gaya hidup yang saat ini banyak bertebaran di sekitar kita karena akan mengingatkannya pada orang-orang yang menyayanginya dan selama ini memberinya pelukan dari hati penuh cinta.

Dari pelukan, kesehatan jiwa didapat, kesehatan fisik pun diperoleh baik penerima maupun pemberi pelukan. 

Jadi mitra kencana, jangan lupa peluk anakmu yaa

Source : Fimela.com


Now on air
photo

Afternoon Prime Time Show, menemani mitra kencana menyelesaikan aktifitas pekerjaan, kembali ke rumah atau dalam perjalanan “nongkrong” dll. Ditemenin oleh penyiar yang fun.

Info
Partners
Now on

RADIO KENCANA 91.9

Radio Kencana Radio Musik Terpilih

Featured image