Kuliah Daring Pada Tahun Ajaran Baru

Kuliah_Online.jpg
2020-09-08 12:18:29

Selamat untuk Mitra Kencana yang baru masuk Perguruan Tinggi, bagaimana nih rasanya jadi maba pasti udah ada yang ngerasain hidup sendirian di kota orang tanpa ada saudara atau temen lama dikota asal, itu selalu jadi kenangan awal maba disetiap tahunnya, tapi tahun ini ada yang berbeda Mitra Kencana sejak terjadi pandemi covid-19 kemarin semua kegiatan yang ada di Perguruan Tinggi menjadi dirumahkan dan menjadi daring, nah Mitra kencana menurut rumor yang beredar sebelumnya tentang perkuliahan bakalan luring bila semua Perguruan Tinggi setuju,  kali ini metode pembelajaran 2020/2021 tetap disepakati dengan metode daring, sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, pelaksanaan perkuliahan Tahun Akademik 2020/2021 yang berjalan pada bulan Agustus 2020.  Hal ini berlaku untuk Perguruan Tinggi di semua zona. Begitu juga untuk mata kuliah praktik sedapat mungkin tetap dilaksanakan secara daring, namun jika ada mata kuliah yang tidak dapat dilaksanakan secara daring, mata kuliah diletakkan pada bagian akhir semester. (Sumber: Keterangan Pers: PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN & AKADEMIK BARU DI MASA PANDEMI (https://www.youtube.com/watch?v=-P9twRgPtSY  menit 29:28). Pelaksanaan kegiatan yang tidak dapat digantikan dengan pembelajaran daring seperti penelitian di laboratorium untuk skripsi, tugas laboratorium, praktikum, studio, bengkel dan kegiatan vokasi diizinkan dilaksanakan secara luring di kampus jika memenuhi protokol kesehatan dan kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Direktur Jendral terkait.

Perkuliahan daring bagi mahasiswa semester lalu mungkin bukan hal yang baru, tapi bagi maba itu bagaimana? Mitra Kencana menurut Head of Public Relations Study Program Perguruan tinggi BINUS Malang Galuh Ayu Safitri berpendapat mengenai hal ini.

“Jika ditinjau dari sisi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sebenarnya hal ini tidak mempengaruhi prosesnya, kegiatan PBM luring dan daring tentu sama-sama memiliki objektif untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang sudah di tentukan, Namun, memang pada teknisnya kami juga menginginkan mahasiswa mengenali dunia perkuliahannya dengan adanya pertemuan tatap muka, karena hal ini akan memunculkan sisi sense of belonging dan pengalaman yang berbeda jika mahasiswa bisa datang ke kampus secara langsung. Tapi kembali lagi, saat ini bagi kami yang bekerja di dunia Pendidikan, keselamatan dan kesehatan menjadi poin utama yang juga harus dipertimbangkan, dan di kampus kami, agar mahasiswa baru bisa merasakan vibe yang mirip dengan pembelajaran luring, kami menerapkan beberapa program yang kami kemas sedemikian rupa.”

Nah Mitra Kencana itu jika dari sudut pandang dosen untuk proses pelaksanaan KBM secara daring, namun dari seorang mahasiswa baru yang bersekolah di perguruan tinggi UMM, Oldy menyesalkan “seharusnya pada awal-awal perkulihaan adalah dimana bisa beradaptasi dengan tempat baru dan mencari teman di lingkungan yang baru.  Tugas yang kami terima tidak sebanding dengan materi yang kami terima, akhirnya tugas jadi menumpuk, apalagi gak ada temen yang bisa diminta tolong buat bantuin ngerjain tugas hehehehe”. Oldy juga berpendapat selama ini dia dan teman baru semasa perkulihaan nya hanya bertemu melalui video call secara daring.

Berdasar kedua pernyataan diatas dapat disimpulkan untuk proses belajar dan pemahaman materi pada mahasiswa baru, tergantung bagaimana kreativitas dosen dalam mengemas materi yang digunakan sebagai bahan mengajar pada kelas daring sehingga setiap materi dapat tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa baru. Namun mengenai proses bersosial mahasiswa baru selama ada pandemi tidak akan berjalan dengan baik karena mahasiswa hanya dapat bertemu secara daring dibalik layar gawai masing-masing. Nah Mitra Kencana buat yang baru masuk kuliah tapi belum bisa ketemu sama temen-temen baru, mending sekarang ditahan dulu saja sampai pandemi nya hilang, salam sehat and be positive.


Now on air
photo

Afternoon Prime Time Show, menemani mitra kencana menyelesaikan aktifitas pekerjaan, kembali ke rumah atau dalam perjalanan “nongkrong” dll. Ditemenin oleh penyiar yang fun.

Info
Partners
Now on

RADIO KENCANA 91.9

Radio Kencana Radio Musik Terpilih
jika tidak bisa memutar radio gunakan popup

Featured image