Jangan Jadi Start up Founder Sebelum Pastikan 3 Hal Ini!

Home / Kencana / Jangan Jadi Start up Founder Sebelum Pastikan 3 Hal Ini!

10th March 2017

1.Tentukan tujuan Anda mendirikan Startup

Apa tujuan Anda mendirikan sebuah Startup?
Sekedar ikut-ikutan trend, malas menjadi pegawai kantoran atau Anda ingin cepat kaya dan terkenal? Eits, sebaiknya Anda perlu memikirkan dan memastikan lagi tujuan Anda mendirikan sebuah startup. Anda harus menyadari kalau mendirikan startup bukan semudah membalikan telapak tangan. Perlu waktu yang tidak sebentar dan instan. Seperti Go-Jek yang butuh waktu bertahun-tahun, jatuh bangun dan bertahan hingga sekarang. So, kalau hanya untuk ikut-ikutan membuat startup Anda perlu memikirkan dan mempertimbangkan lagi. Buat tujuan mendirikan startup yang membuat kamu selalu bersemangat.

 

2.Pastikan startup yang akan dibuat menjawab permasalahan bukan sekedar memulai bisnis semata

Tidak salah memang jika sebuah startup harus menjadi bisnis yang nantinya bisa bertahan lama dan para founder dapat mendapatkan keuntungan dari sana. Namun alangkah baiknya jika Anda memulai sebuah startup untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada di sekitar. Kadang kala, para startup founder sebelumnya membuat sebuah startup tanpa melakukan riset terlebih dulu. Mereka “berasumsi” bahwa aplikasi yang dibuat tersebut adalah aplikasi yang bagus dan akan “laku” di pasaran. Padahal nyatanya Asumsi tersebut tidak selamanya benar. Justru kadang asumsi Anda yang membuat Anda tidak bisa maju dan berkembang lebih baik. Sebelum memulai membuat sebuah startup, pastikan Anda memiliki data riset yang akurat dan menunjang dalam pengambilan keputusan

 

3.Pilih tim yang satu visi dan misi dengan Anda

Tidak ada bisnis yang besar dibangun dengan hanya mengandalkan 1 orang saja. Apalagi sebuah startup. Founder startup manapun dan sebesar apapun, mereka akan menyarankan kita untuk mencari orang yang memiliki visi misi yang sama dengan kita untuk membangun sebuah startup. Kenapa? Karena berbicara, menyalurkan ide dan gagasan serta mengeksekusi ide dengan orang yang berbeda tidak semudah yang dibayangkan. Itu sebabnya, memilih orang yang tepat untuk menjadi partner tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi itu jauh lebih baik ketimbang harus membangun startup seorang sendiri bukan?

Anyway, kalau sudah tahu begini, Anda pun bisa memulai membuat startup dengan memanfaatkan teknologi digital dengan gabung di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Bukan hanya sekedar gerakan milik KOMINFO dan KIBAR, namun merupakan gerakan kita bersama. Sebuah gerakan yang akan merubah mindset Anda sejak dini serta menambah kapasitas dan level Anda sebagai calon founder Startup.

Selain akan didampingi oleh mentor-mentor yang ahli di bidangnya, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangan ide dari solusi atas permasalahan yang ada di sekitar Anda menjadi sebuah startup yang sustainable. Ada beberapa tahapan dalam gerakan ini yang berkesinambungan. Jika Anda mendaftar Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sekarang, Anda akan mengikuti rangkaian secara berurutan mulai dari Ignition, Workshop, Hackathon, Bootcamp sampai Incubation.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin daftar sekarang, tenang saja. Ignition Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di kota Malang akan hadir pada tanggal 19 November 2016. Deadlne pendaftaran untuk tahap Ignition Malang akan berakhir pada 12 November 2016. Info selengkapnya, yuk daftar di link ini.

“Arek Malang” Harus Jadi Penggerak Kemajuan Indonesia Lewat Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

“Kata orang Malang jadi kota Pelajar, kata orang Malang jadi tempat liburan paling menyenangkan, kata orang di Malang banyak potensi yang bisa dikembangkan”

Semua memang hanya akan menjadi “kata orang” saat apa yang sudah dimiliki tidak dibuktikan dengan karya. Setidaknya memang begitulah yang sering disampaikan oleh pembicara di rangkaian kegiatan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.
Beberapa orang sudah akrab dengan gerakan ini, beberapa orang lainnya masih merasa asing, termasuk di kota Malang sendiri. Kota yang penuh dengan anak-anak kreatif, penuh dengan anak-anak berprestasi memang harus mulai mengembangkan sayap mereka dengan karya yang bisa menjadi solusi dari permasalahan bangsa Indonesia.

Apa sebenarnya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini?

Jika dilihat dari kata-kata GERAKAN, Yap kegiatan ini merupakan gerakan bersama yang bisa diikuti siapa saja, dimana saja dan didukung oleh siapapun. Berawal dari berbagai masalah yang dimiliki Indonesia, Pemerintah beserta KIBAR menggagas gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini untuk membantu anak muda di Indonesia menjadi 1 dari 1000 yang memunculkan solusi untuk permasalahan di Indonesia.
Kegiatan ini sudah diadakan di beberapa kota besar di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan akan diadakan di beberapa kota lainnya. Pemerintah dan KIBAR pun menyadari bahwa hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki permasalahan dan potensi masing-masing. Termasuk di kota Malang.

Nah, mungkin yang sudah tahu dan menanti-nanti kapan gerakan nasional 1000startup digital ini diadakan di Malang? Sabar dulu, karena acara ini akan resmi dimulai dan dibuka di kota Malang pada tanggal 19 November 2016 besok.

Hmmm…. Gerakan Nasional ini menyadari bahwa potensi di kota Malang sangat luar biasa. Mulai dari anak muda yang jago di berbagai bidang seperti programming dan juga desain. Melalui acara Ignition nanti, setiap orang akan mendapatkan pencerahan tentang apa sebenarnya startup, bagaimana startup dibangun dari sebuah masalah, hingga menemukan sebuah tim yang solid untuk dijadikan partner membangun startup.

Untuk itu, buat kamu yang berdomisili di Malang dan sekitarnya, segera mendaftarkan diri kamu untuk mengikuti acara IGNITION 1000 Startup Digital ini ya. Gampang banget kok, langsung submit saja di halaman 1000startupdigital.id.

Kalau kamu masih ragu dan bingung, acara ini bisa diikuti oleh siapapun dan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *